NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Akhir Maret 2024, Provinsi Banten Masuki Panen Raya

JAKARTA.GERBANGPATRIOT.COM – Serang, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan sejumlah daerah yang menjadi lumbung padi di Provinsi Banten saat ini akan memasuki masa panen raya pada Maret 2024. Berdasarkan data di lapangan terdapat 45.287 hektar padi yang siap panen yang akan menghasilkan padi sebanyak 263.705 ton Gabah Kering Giling (GKG).

“Atau dapat memproduksi beras sekitar 166.741 ton beras, dimana untuk tingkat konsumsinya 119.677 ton. Sehingga dapat dikatakan surplus,” ungkap Agus M Tauchid usai diskusi kamisan dengan mengusung tema ‘Apa Kabar Kedaulatan Pangan’ yang digelar di KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (7/3/2024).

Selanjutnya, Agus M Tauchid menyampaikan panen raya padi tersebut akan dimulai pada pekan ketiga bulan Maret dan berlanjut hingga Mei 2024.

“Untuk Provinsi Banten di bulan Maret, April dan Mei produksi padi bisa berlebih,” katanya.

Sedangkan untuk komoditas daging sapi, kerbau dan ayam ras, kata Agus M Tauchid, di bulan Maret 2024 ini tersedia sesuai dengan kebutuhan dan suplai.

“Kebutuhan daging sapi dan kerbau di Maret mencapai 4.770 ton dan ketersedian 8.623 ton. Sementara, daging ayam ras kebutuhan di Maret 17.000 ton dan ketersediaan 20.470 ton,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten Deni Saprowi mengungkapkan persoalan terkait dengan ketersediaan pangan menjelang Ramadan harus menjadi perhatian Pemprov Banten.

“Persedian pangan jelang Ramadan ini harus menjadi perhatian pemerintah, lantaran kenaikan harga ini sangat terasa bagi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, ujar Deni Saprowi, meminta program swasembada pangan harus menjadi perhatian Pemprov Banten, sehingga bila terjadi kondisi tertentu dapat menjadi solusi.(Wan)

Sumber: Adpim